Satu diantara makhluk Allah Subhanahu Wa Ta’la yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup ,yang menjadikannya  sebagai sebuah kebutuhan  penting dalam  keberlangsungan hidupnya.Tanpanya, kehidupan  seluruh makhluk hidup akan musnah,sebab ia adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh seluruh makhluk hidup di dunia ini . Makhluk Allah yang satu ini namanya AIR ,Olehnya itu  Allah Subhanabu Wa Ta’ala  berfirman dalam  Al Qur’an :

 

وَاللَّهُ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

 

Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan pelajaran
Q.S An-Nahl : 65)

 

Wahai Para pemuda surga yang di muliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala  sekarang semuanya sudah tahukan siapa makhluk Allah itu, yang kehadirannya mampu menjadikan seluruh makhluk hidup di dunia tetap hidup dengan keberadaanya, pun juga kita semua sama  ingin menjadi seperti air , yang mampu  memberikan  manfaat untuk orang lain. Nah, insyaAllah semoga impian kita semua terwujud mampu menjadi seperti air. yang memberikan manfaat.

Sobat muda Sekalian…

Insya Allah pembahasan kita hari ini adalah sesuatu yang berkaitan dengan Thaharah   tapi ini muqoddimah dulu yah hehe, sobat ada yang tahu nggak apa itu Thaharah, yakin deh dengan kalian semua pasti tahu kan apa itu thaharah masa nggak tahu , kalau  nggak tahu belajar dulu sana gih, Nih kakak kasih tau yah apa sih Thaharah itu, simak yah. . . .

Thaharah  secara bahasa adalah bersih dan suci dari kotoran. Secara istilah berarti menghilangkan hadats dan melenyapkan khabats. Nah, sudah tahu kan apa itu Thaharah .tapi pasti sobat  sekalian pada bertanya tanyakan, apa sih hadast dan khabats itu,mungkin sobat sekalian sudah pernah dengar sebelumnya tapi masih belum tahu kan…hehe, nih sama sama kita cari tahu kedua makna kata itu.
Hadast adalah suatu sifat yang menempel pada suatu badan yang menghalangi shalat dan ibadah lainnya dari ibadah ibadah yang mensyaratkan thaharah, sedangkan khabats adalah najis yang menghalangi shalat dan ibadah lainnya dari ibadah yang mensyaratkan thaharah.Alhamdulillah sekarang sobat sekalian sudah tahukan kedua makna itu. Tapi eitsss. . . jangan lupa yah ilmunya di amalkan dan diajarkan kepada orang lain.

Tapi tunggu dulu sobat sekalian,…Setelah kita mengetahui kedua makna itu,ada hal yang tak kalah pentingnya juga kita harus ketahui, apa itu , cara menghilangkannya, dan ini sangat penting lohh karena menjadi sebuah syarat utama dalam menjalankan ibadah ibadah khususnya ibadah ibadah yang mensyariatkan thaharah.Nih kakak kasih tau tips-tips menghilangkan hadast dan khabats .

Tips –Tips menghilangkan hadast :

  1. Dengan menggunakan air yang di guyurkan pada seluruh tubuh. Bila hadast besar
  2. Bila hanya hadast kecil maka cukup dengan membasuh anggota wudhu dengan niat

Tips menghilangkan Khabats :  Dengan menghilangkan najis dari badan pakaian dan tempat shalat.

Sudah tahukan sobat,cara menghilangkan hadast dan khabats

Wahh wahh masih muqoddimah nie..
cukup panjang juga yah pembahasannya ..

Nah,insyaAllah sekarang kita akan masuk kepada inti pembahasan, yaitu air yang layak digunakan untuk thaharah (Besuci).

Para ulama kita telah membagi beberapa jenis air yang layak digunakan untuk bersuci :

  1. Air Hujan
  2. Air Salju
  3. Air Embun
  4. Air Sungai
  5. Air Sumur
  6. Air Laut

 

Nah,inilah sobat sekalian, beberapa air yang digunakan untuk bersuci, keenam jenis air itu juga disebut sebagaii Air Suci (al – Maa’ ath – Thahur) yaitu air yang suci pada dirinya dan menyucikan untuk selainnya yakni sesuai dengan sifat dimana ia diciptakan.

Al Fayyadh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here