Musibah gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat menyebabkan lebih kurang 15.014 orang mengungsi di Kabupaten Mamuju dan 4.421 orang di Kabupaten Majene. Selain orang dewasa juga banyak anak-anak yang menjadi korban, tim HILMI yang mengunjungi titik terdampak bencana ditugaskan melakukan trauma healing agar anak-anak yang menjadi korban bisa tetap ceria.

Sedikitnya 40 anak yang terdapat salah satu lokasi gempa mamuju kecamatan Simboro mengikuti trauma healing yang dilaksanakan oleh tim HILMI, kegiatan diisi dengan play therapy lewat metode ini anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya melalui media permainan. Dengan mengajak anak-anak bermain bisa membantu mengalihkan fokus anak dari situasi tidak kondusif menjadi menerima situasi yang sedang ia hadapi saat ini, di dalam games juga disisipkan nilai-nilai islami dan akhlak mulia kepada anak-anak korban terdampak bencana.

Trauma healing menjadi salah satu kebutuhan vital bagi para korban bencana gempa bumi. Dengan trauma healing anak-anak diharapkan bisa benar-benar sembuh dari traumanya dan bisa menjalani kembali kehidupannya sebagaimana sebelum mengalami bencana gempa bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here