“Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.”

(QS. An Nuur:24)

 

Tak terasa tahun 2018 telah meninggalkan kita, begitu banyak peristiwa yang terjadi di tahun tersebut. Ada banyak yang menyenangkan, namun tidak sedikit pula yang menyedihkan. Di antara hal yang menyedihkan kita, bahwa pada tahun 2018 terjadi beberapa musibah yang menimpa negeri ini. Mulai dari banjir, gempa bumi, tanah longsor, sampai tsunami. Hal ini tentunya harus menjadi pelajaran bagi kita, karena sebaik-baik seorang mukmin ketika mampu mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang dialaminya.

“Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa”

(QS. Al Baqarah: 66)

Oleh karena itu mari kita introspeksi diri, dan semoga hal hal yang buruk tidak terjadi kepada kita di tahun yang baru ini.

Momen pergantian tahun sebaiknya menjadi titik balik bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Jangan sampai kita menjadi orang yang sama dengan tahun lalu, dan lebih parah lagi jika tahun lalu lebih baik dari tahun ini, karena itu merupakan bentuk kerugian terhadap waktu yang telah diberikan oleh Allah Ta’ala. Ada sebuah testimoni menarik dari murid Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullah, beliau mengatakan bahwa selama 20 tahun bersama Imam Ahmad tidak sekalipun dia melihat kecuali setiap harinya amalan yang dilakukan oleh Imam Ahmad selalu lebih baik dari hari sebelumnya. Luar biasa bukan? Seharusnya kita juga berusaha seperti yang dilakukan oleh Imam Ahmad dengan selalu berupaya untuk meningkatkan amalan shalih kita setiap hari.

Di tahun baru ini, kita juga harus membuat resolusi. Hal-hal baik apa yang akan kita lakukan di tahun ini, baik itu dari sisi duniawi maupun dari sisi ukhrawi. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al Hasyr: 18)

Ayat ini mengajarkan kepada kita untuk selalu membuat perencanaan atas amalan yang akan kita lakukan Karena amalan kebaikan perlu direncanakan agar bisa maksimal ketika dilaksanakan. Oleh karena itu perencanaan atas amalan yang akan kita lakukan dimulai dengan menginventarisir amalan shalih apa yang belum kita lakukan tahun lalu, usahakan bisa dilakukan tahun ini begitupula amalan shalih yang telah kita tunaikan tahun lalu dan perlu untuk kita tingkatkan.

Tahun baru, semangat baru! ya.. itu harus jadi headline dalam hati dan pikiran kita menyikapi pergantian tahun. Jangan larut dalam kemalasan dan kesedihan, ayo lakukan perubahan! Assalamualaikum 2019…

(Makassar, 24 Rabiul Akhir 1440 H/1 Januari 2019 M)

Penulis: Ustadz Farid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here