Assalamualaikum.

Sebagai anak sekolah atau kuliahan, kita sering melibatkan laptop atau komputer dalam aktivitas keseharian kita, dong. Baik itu mengerjakan tugas sekolah/kuliah atau sekadar menyimpan file-file yang dicandangkan dari handphone, kamera dan lain-lain.

Seiring dengan banyaknya file atau folder di penyimpanan laptop kita. Seringkali kita dihadapi dengan masalah sulitnya mencari file atau folder, apalagi kalau kita menyimpannya secara sembarangan. Selain membuat kita kesusahan saat mencari, menyimpan file-file secara sembarangan juga bikin kita sulit menyeleksi file-file lama yang sudah tidak terpakai dan ingin kita hapus. File-file sampah jadi numpuk dan laptop jadi lemot.

Nah, di tulisan ini, hilmi.or.id akan kasih tips atau lebih tepatnya langkah-langkah merapikan file dan folder di laptop kamu.

1. Mulai dari merapikan desktop

Desktop adalah halaman depan yang tampil saat laptop/pc kamu sudah siap untuk digunakan. Secara default, desktop hanya berisi recycle bin dan akan otomatis bertambah ketika kamu baru saja menginstall program baru di laptopmu.

Desktop yang sesak dengan shortcut aplikasi atau file-file dokumen akan membuat mood kerja tugas menurun. Dan dilihat pun jadi tidak nyaman.

Kamu bisa merapikan desktop dengan cara menghapus shortcut aplikasi yang jarang kamu pakai dan memindahkan file kerjaan kamu ke folder lain. Sedikit tambahan, wallpaper yang minimalist akan membuat mata tidak cepat bosan loh.

2. Mengategorikan folder

Semakin banyak dan beragam file yang berada dalam satu folder membuat kita sulit untuk mencari file yang dibutuhkan. Maka, kita perlu mengatur file yang banyak tersebut.

Dengan merapikan file dan folder, kita bisa menemukan dengan cepat.

Kamu bisa memilah-milah folder berdasarkan

  • Jenis File: Aplikasi, Document, Audio, Video, dll.
  • Jenis Kerjaan: Sekolah, Kuliah, Hiburan, Tutorial, Hiburan, dll.

3. Memberikan nama dengan jelas

Folder dan File dengan nama yang rumit akan sulit dicari, bukan? Jadi tiap kamu menyimpan file baru, usahakan langsung beri nama yang jelas dan merepresentasikan isi dari file tersebut. Atau kamu bisa mengubah namanya sekarang.

4. Menghapus file duplikat

File duplikat muncul bisa dari beberapa kondisi, misalnya jika kamu lupa kalau ternyata sudah mendownload sebuah file dari internet, lalu mendownloadnya ulang. Nah sedikit atau banyak ini bisa menuhin penyimpanan kamu. Kamu bisa menghapus file-file yang terduplikat tersebut.

Caranya bisa lewat link ini : Cara menghapus file duplikat

Nah sekian dari HILMI tentang Cara Ampuh Mengelola File dan Folder agar tidak bikin pusing.

Semoga bermanfaat, wassalamualaikum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here