Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan ini dimulai pada hari Rabu, 30 Mei 2018 – Kamis, 31 Mei 2018 pada pukul 13.00 WITA, kegiatan diawali dengan pembukaan oleh wakil kepala Sekolah SMK Bajiminasa Makassar dan dilanjutkan pembacaan pidato seragam dari ketua Hilmi yang dibacakan oleh salah seorang pendamping sekolah yang diamanahkan bertugas mendampingi sekolah tersebut. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan beberapa materi yang dimana dapat menambah wawasan peserta didik dalam memahami agama Islam, baik dari kewajiban yang harus mereka lakukan maupun Sunnah yang bisa mereka kerjakan

Bapak wakil kepala sekolah dan Bapak pembina osis SMK Bajiminasa Makassar sangat mengapresiasi kerja sama antar pihak SMK Bajiminasa dan pihak Hilmi. Beliau menuturkan bahwasanya ini adalah sebuah kebanggaan karena SMK Bajiminasa merupakan sekolah yang termasuk diajak kerja sama, yang dimana bisa mengajarkan agama islam dan Al quran yang benar kepada siswa dan semoga kerjasama ini tetap berlanjut. Kemudian bapak pembina osis SMK Bajiminasa juga memberikan respon positif dan berterima kasih atas kerja samanya. “Pesantren kilat ini kami baru adakan lagi pada tahun ini, karena tahun tahun kemarin tidak diadakan pesantren seperti ini, dan kami juga meminta maaf karena kurangnya siswa yang hadir dan menurunnya jumlah siswa dihari terakhir”ujar beliau.

Jumlah peserta Pada setiap hari berlangsungnya sangat (tidak menentu), pada hari pertama 14 orang dan hari ke dua 11 orang. Para siswa SMK BAJIMINASA Makassar juga terlihat bahagia dan sangat serius dalam mendengarkan pemaparan materi, walaupun hanya belasan orang, akan tetapi semangat mereka untuk belajar sangat tinggi, dan menjalin keakraban sangatlah mudah.

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah kita tidak bisa mengukur sebuah keseriusan dan semangat ingin tahu dari menghitung banyaknya peserta, karena bisa jadi yang sedikit lebih serius dan semangatnya ingin tahu tentang pemahaman agama ini sangatlah tinggi. Dan sebuah pelajaran tentang pentingnya sebuah pendekatan yang dapat menumbuhkan sikap yang tidak saling kaku dan saling menghargai didalam ruangan, sehingga menertibkan suasana ruangan dan mengambil perhatian mereka agar tetap fokus sangatlah mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here