Struktur organisasi yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah organisasi apapun. Sebab struktur organisasi tentunya dibuat untuk menjalankan sebuah roda kelembagaan atau perorganisasian sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan.

Salah satu contoh organisasi dalam basis sekolah adalah Organisasi Rohis (Kerohanian Islam). Sebuah organisasi memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwah, dan berbagi pengetahuan Islam. Struktur organisasi Rohis, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang salah satu dari susunan atau struktur organisasi   Rohis  yaitu  bendahara. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa susunan organisasi memilki kewenangan, tanggung jawab dan fungsi masing-masing, salah satunya adalah bendahara.

Apa itu bendahara?

Bendahara  adalah bagian dari susunan organisasi yang bertanggung jawab sebagai pemegang atau yang mengurusi semua hal yang berkaitan dengan harta atau kekayaan (keuangan) dalam sebuah yayasan, organisasi, perkumpulan dan lain sebagainya.

Bendahara ini mempunyai wewenang yaitu membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan organisasi bersama-sama Ketua dalam hal keuangan dan kekayaan organisasi dan salah satu diantara tanggung jawabnya yang urgent adalah mengordinasikan seluruh aktivitas pengolahan keuangan dan kekayaan organisasi dan mempertanggungjawabkan kepada ketua. Olehnya itu bendahara berperan penting bagi kelangsungan hidup  sebuah organisasi. Salah satu contoh misalnya dalam organisasi Rohis. demi mewujudkan sebuah organisasi yang sehat.

Baca juga: Contoh Program Kerja Rohis 2020

Apa saja tugas Bendahara Rohis?

Berikut beberapa diantara fungsi bendahara rohis :

  1. Melaksanakan pengelolaan keuangan dan pengadaan kebutuhan barang organisasi.
  2. Mewakili Ketua apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan keuangan organisasi.
  3. Bersama Ketua dan Sekretaris merupakan Tim Kerja Keuangan (TKK) atau otorisator keuangan ditubuh pengurus.
  4. Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi di bidang pengelolahan keuangan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  5. Memimpin rapat-rapat organisasi dibidang pengolahan keuangan organisasi, menghadiri rapat-rapat Organisasi dan rapat-rapat Lainnya.
  6. Memfasilitasi kebutuhan pembiayaan program kerja dan roda organisasi.
  7. Melaporkan keadaan keuangan organisasi sebulan sekali atau dalam 1 periode kepengurusan.

Apa saja Program Kerja Bendahara?

  1. Membuat panduan umum system keuangan terpusat.
  2. Menyusun rencana anggaran dan TOR nya.
  3. Membuat laporan periodik keuangan organisasi (Perbulan/pertahun)
  4. Melakukan pengadaan kebutuhan barang organisasi
  5. Menyelenggarakan aktifitas pembukuan terhadap transaksi pengeluaran dan pemasukan keuangan secara rutin.

Baca juga: Contoh Program Kerja Rohis 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here