Kisahnya adalah berawal dari pertemuaannya dengan ‘Umar bin Al Khattab radhiyallahu ‘anhu.

Dari Usair bin Jabir, ia berkata, ‘Umar bin Al Khattab ketika didatangi oleh serombongan pasukan dari Yaman, ia bertanya,

“Apakah di tengah-tengah kalian ada yang bernama Uwais bin ‘Amir?” Sampai ‘Umar mendatangi ‘Uwais dan bertanya, “Benar engkau adalah Uwais bin ‘Amir?” Uwais menjawab, “Iya, benar.”

Umar bertanya lagi, “Benar engkau dari Murod, dari Qarn?” Uwais menjawab, “Iya.” Umar bertanya lagi, “Benar engkau dahulu memiliki penyakit kulit lantas sembuh kecuali sebesar satu dirham.” Uwais menjawab, “Iya.”

Umar bertanya lagi, “Benar engkau punya seorang ibu?” Uwais menjawab, “Iya.”

Umar berkata, “Aku sendiri pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nanti akan datang seseorang bernama Uwais bin ‘Amir bersama serombongan pasukan dari Yaman. Ia berasal dari Murad kemudian dari Qarn. Ia memiliki penyakit kulit kemudian sembuh darinya kecuali bagian satu dirham. Ia punya seorang ibu dan sangat berbakti padanya. Seandainya ia mau bersumpah pada Allah, maka akan diperkenankan yang ia pinta. Jika engkau mampu agar ia meminta pada Allah supaya engkau diampuni, mintalah padanya.”

Umar pun berkata, “Mintalah pada Allah untuk mengampuniku.”

Kemudian Uwais mendoakan Umar dengan meminta ampunan pada Allah. Umar pun bertanya pada Uwais, “Engkau hendak ke mana?” Uwais menjawab, “Ke Kufah”.

Dari kisah ini, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam mengenal Uwais Al-Qorni tanpa pernah bertemu dengannya.

Beliau mendapatkan langsung kabar dari langit, menunjukkan bahwa Uwais Al-Qorni, sekalipun tidak dikenal oleh penduduk dunia, tapi ia dikenal oleh penduduk Langit

Dan juga ‘Umar bin Khattab Rhadiallahu ‘anhu meminta di doakan olehnya, padahal ‘Umar adalah sosok sahabat yang mulia dibandingkan Uwais Al-Qorni yang hanya seorang tabi’in, tapi dengan ketawadhuan beliau, beliau tetap menjalankan amanah dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

 

Penulis: Ustadz Sultan Taslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here